Jumat, 08 April 2011

RSBI Terkesan untuk Orang Kaya


Purwoke
rto - Menteri Pendidikan Nasional Mohammad Nuh menyayangkan Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) terkesan menjadi sekolah untuk anak orang kaya. Padahal, sekolah ini lebih dimaksudkan untuk menggenjot kualitas pendidikan nasional.


"Sekolah dengan standar RSBI sering kali dianggap eksklusif dan dikesankan untuk orang kaya. Ini sangat bertentangan dengan prinsip sosial," kata Menteri Nuh di Auditorium Graha Widyatama Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah, Jumat (1/4).

Sekolah Bertaraf Internasional (SBI) adalah amanat UU Sistem Pendidikan Nasional. Karena belum ada, maka RSBI menjadi cara untuk mencapai SBI. Namun berdasarkan evaluasi Kementerian Pendidikan Nasional, sekolah kini sering mengabaikan aspek legal, pedagogik dan sosial demi mengejar status RSBI. Akibatnya muncul kesan kalau RSBI menjadi sekolah untuk anak orang kaya.

"Oleh karena itu, saat ini setiap sekolah RSBI setidaknya harus menampung 20 persen siswa tidak mampu. Eksklusif boleh, asalkan bidang akademik, bukan karena status sosial," ucap Menteri Nuh. (Kemdiknas)

2 comments:

Unknown mengatakan...

apapun itu namanya sekolah tetap ajah untuk Indonesia mah gak bakalan berhasil, karena semuanya hanya proyek bagi uang dan kekuasaan dan akhirnya hanya rakyat dan anak cucu kita saja yang melarat dan akhirnya kiamat.

jadi menurut hemat saya mah, kalau kualitas dan kuantitas pendidikan meningkat alangkah baiknya pelajaran di jenjang pendidikan di kurangi, contoh sd hanya calistung saja. smp misalkan hanya matematika saja. dst.

serta pejabatan di lingkungan pendidikan adalah orang yang mengerti pendidikan bukan dari parpol

Kabar Sekolah mengatakan...

Terima Kasih atas perhatian saudara. Semoga pemerintah dan semua pihak yang berkompeten memperhatikan dan menindaklanjuti dengan bijak.

Berlangganan Artikel Gratis dari Kabar Sekolah melalui Email

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan tulis alamat email anda pada form di bawah ini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Blogg ini:

Delivered by FeedBurner

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by kabar sekolah | Bloggerized by Masdar Helmi - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons
Create gif
SELAMAT DATANG DI HTTP://KABARSEKOLAH.BLOGSPOT.COM DAN DAPATKAN INFORMASI SEPUTAR DUNIA PENDIDIKAN TERKINI ==THANK'S TO VISIT MY BLOG BY MASDAR HELMI==