Rabu, 29 Juni 2011

Budayakan Etika Menulis Blog

Jakarta: Konsultan Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) Risa Amirkasari mengajak para blogger Indonesia membudayakan beretika saat menulis di media blog internet. Itu perlu diperhatikan agar para blogger terhindar dari masalah jeratan hukum di masa mendatang.

"Layaknya sebuah tulisan yang bisa diakses dan dibaca semua pengguna internet, tentunya dalam menulis blog perlu menggunakan sejumlah aturan yang menyangkut etika dalam berkomunikasi online," ujar Risa kepada wartawan di Jakarta, belum lama ini.

Berkaitan dengan implikasi hukum dari sebuah tulisan yang dipublikasi melalui blog, Risa yang juga mantan wartawati berpendapat sejumlah aturan hukum menjadi `alat pemaksa` bagi para pengguna internet agar lebih berhati-hati dalam menulis di blog mereka.

Di Indonesia ada Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE), UU Pers, dan Kitab Undang-undang Hukum Pidana atau KUHP yang bisa menjerat penulis blog bila dianggap melanggar hukum. Selain itu, ia menambahkan, UU di bidang HAKI juga berfungsi guna melindungi hak kekayaan intelektual para blogger maupun pengguna internet pada umumnya.(ADI/ANS).

Sumber : Liputan 6

0 comments:

Berlangganan Artikel Gratis dari Kabar Sekolah melalui Email

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan tulis alamat email anda pada form di bawah ini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Blogg ini:

Delivered by FeedBurner

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by kabar sekolah | Bloggerized by Masdar Helmi - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons
Create gif
SELAMAT DATANG DI HTTP://KABARSEKOLAH.BLOGSPOT.COM DAN DAPATKAN INFORMASI SEPUTAR DUNIA PENDIDIKAN TERKINI ==THANK'S TO VISIT MY BLOG BY MASDAR HELMI==