Jumat, 03 Juni 2011

Sejuta Blog untuk Guru Indonesia

Bertepatan dengan peringatan Hari Kebangkitan Nasional, Universitas Airlangga kembali mempertegas misinya guna mendharmabaktikan keahliannya kepada masyarakat. Jumat (20/5) kemarin, Universitas Airlangga meluncurkan program Sejuta Blog untuk Guru.

"Melalui program ini, Universitas Airlangga berharap mampu menyumbangkan peran bagi kemajuan dunia pendidikan Indonesia melalui pengembangan media Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)," demikian ujar Wakil Rektor III Universitas Airlangga, Prof. Soetjipto, dr., MS,. Ph.D., saat meresmikan peluncuran program Sejuta Blog untuk Guru.

Hadir dalam peluncuran program tersebut, Wakil Rektor III, Prof. Soetjipto, dr., MS,. Ph.D., Wakil Rektor I, Prof. Dr. Achmad Syahrani, Apt., Direktur SI, Dr. Soegianto Soelistiono, Ir.,, M.Si., Ketua Ikatan Guru Indoensia (IGI), Drs. Satria Dharma, Kabid Humas dan Protokol, Dr. Mangestuti, Apt., perwakilan guru Surabaya, para Wakil Dekan III dan pejabat Universitas, serta beberapa awak media.

Dalam sambutannya, Wakil Rektor III UNAIR menyatakan, bahwa program ini diharapkan akan mampu memberi dampak luas bagi peningkatan komunikasi dan pemanfaatan media TIK sebagai sarana pembelajaran dan pengembangan ilmu pengetahuan. Para guru se-Indonesia akan terhubung dalam sebuah media TIK yang sanggup menyibak keterbatasan jarak dan komunikasi yang selama ini menjadi salah satu kendala bagi para guru yang mengabdi di daerah terpencil. Kekuatan TIK yang disajikan, akan mampu memberi ruang bagi para guru, agar dapat bergerak dinamis bagi kemajuan anak didiknya.

Dijelaskan oleh Direktur Sistem Informasi UNAIR, bahwa fasilitas yang ditawarkan untuk guru ini, bukan hanya sekedar Blog biasa. Melalui fitur yang disediakan, para guru se-Indonesia akan saling terhubung. "Dengan ini nanti, akan terjadi kolaborasi operasional antar guru se-Indonesia," tandas Dr. Soegianto Soelistiono, Ir.,, M.Si., Direktur SI Universitas Airlangga.

Selain mudah cara mendaftarnya, jika sudah teregister, setiap guru akan dapat langsung menyapa guru lain yang terlihat online melalui direktori guru. Para guru juga akan dapat berdiskusi dengan guru di daerah lain, yang telah dikelompokkan dalam satu bidang ilmu. Tidak hanya itu, para guru juga akan dapat berkontribusi melalui bank soal, sekaligus melakukan download soal guna mendukung proses belajar mengajar di kelas.

Melalui media ini, para guru se-Indonesia akan dapat saling bertukar pengetahuan dan pengalaman dengan baik. Ke depan, program Sejuta Blog untuk Guru ini, diharapkan mampu mempersempit gap pengetahuan antara guru di daerah terpencil dengan para guru di daerah perkotaan. "Rekan guru di daerah terpencil, nantinya juga berpeluang untuk mengakses soal yang digunakan oleh para guru di perkotaan. Berikutnya, itu bisa dijadikan modal bagi guru tersebut untuk mengajar anak didiknya," imbuh Dr. Soegianto.

Selaku Ketua IGI, Drs. Satria Dharma mengaku sempat kaget dan tidak menyangka, bahwa Web Blog yang diluncurkan UNAIR ini, hadir melebihi ekspektasinya. "Saya memberikan apresiasi kepada Universitas Airlangga yang telah membuat langkah maju bagi para guru. Sepengetahuan saya, belum ada Perguruan Tinggi yang kini mengerjakan apa yang telah diberikan oleh UNAIR ini," demikian ungkap Drs. Satria Dharma.

Ketua IGI juga mengaku bahwa program Sejuta Blog untuk Guru yang diluncurkan UNAIR ini, sejalan dengan gerakan Guru Melek Internet (GMI) yang kini tengah dikerjakan olehnya. Drs. Satria Dharma berharap, agar Perguruan Tinggi juga bersedia memberikan workshop kepada para guru, khususnya yang berhubungan dengan keterampilan berbasis internet.

Dalam peluncuran tersebut, salah seorang guru yang hadir dipersilakan untuk mencoba beberapa fasilitas yang disediakan melalui www.guru-indonesia.net. Disaksikan hadirin yang lain, Drs. Suwoto terlihat berhasil melakukan registrasi dan mencoba beberapa fitur pada Blog barunya. Bahkan kala itu, juga berhasil dicoba melakukan komunikasi langsung dengan salah seorang guru yang terlihat online. Di penghujung acara, Direktur SI juga berjanji, bahwa pihaknya akan memberikan reward bagi guru yang terbukti aktif dalam memanfaatkan keberadaan Web Blog ini.
Panduan Membuat Sejuta Blog Untuk Guru. [DOWNLOAD DI SINI]

Sumber :
http://guru-indonesia.net/

2 comments:

Rpp SIlabus mengatakan...

Aslm,,, lapor,, link udah kami tempelkan di homepage blog..
salam kenal dari mahasiswa Riau....

Kabar Sekolah mengatakan...

Terima Kasih ya...

Berlangganan Artikel Gratis dari Kabar Sekolah melalui Email

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan tulis alamat email anda pada form di bawah ini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Blogg ini:

Delivered by FeedBurner

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by kabar sekolah | Bloggerized by Masdar Helmi - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons
Create gif
SELAMAT DATANG DI HTTP://KABARSEKOLAH.BLOGSPOT.COM DAN DAPATKAN INFORMASI SEPUTAR DUNIA PENDIDIKAN TERKINI ==THANK'S TO VISIT MY BLOG BY MASDAR HELMI==