Selasa, 09 Agustus 2011

Bercita-Cita Sebagai Guru Sejak Kecil

Menjadi pejabat apalagi hingga memimpin Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta, sebenarnya bukan cita-cita masa kecil Taufik Yudi Mulyanto. Lelaki yang gemar olahraga sepeda ini sejak kecil justru bercita-cita menjadi guru. Maklum, ia dibesarkan dari keluarga seorang pendidik. Ayahnya Muhammad Slamet Yuwono dulunya merupakan guru Sekolah Teknik IV dan pernah menjadi Kepala Sekolah di SMPN 147 Cibubur, Jakarta Timur, dan sedangkan ibunya Siti Amanah merupakan guru SMPN 19 Kebayoranbaru, Jakarta Selatan.

Bahkan saat di kelas 1 dan 3 SMPN 19 Kebayoranbaru, ia juga sempat menjadi murid ibunya sendiri. Walau begitu, ibunya tetap bersikap profesional dengan menempatkan dirinya sebagai guru terhadap anak kandungnya di sekolah. Sehingga perlakuan yang diberikannya pun sama dengan siswa-siswi lainnya. Termasuk saat dikenai sanksi karena melanggar aturan sekolah, ibunya tidak melakukan pembelaan terhadap Taufik. Kala itu ia mengenakan kemeja putih lengan panjang, padahal aturan di sekolah melarang. Hingga akhirnya sanksi diberikan atas kenekatannya tersebut.

Namun, meski cita-citanya tidak kesampaian menjadi guru, sejak 2009 Taufik justru dipercaya menjadi Kepala Dinas Pendidikan DKI hingga sekarang, setelah sebelumnya dipercaya menjadi Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda (Disorda) DKI Jakarta. Itu artinya, seluruh guru di DKI Jakarta berada di bawah bimbingan lelaki kelahiran Jakarta 9 November 1961 tersebut. Karenanya ia mengaku selalu bersyukur pada Allah SWT, yang telah memberikan rahmat dan karunia Nya. Sehingga ia menjadi orang nomor satu di lingkungan Dinas Pendidikan DKI Jakarta.

Selama menjabat Kepala Dinas Pendidikan DKI, ayah dari tiga anak ini memiliki banyak pengalaman yang memungkinkannya untuk selalu bertemu dengan komunitas pendidikan. Sebuah komunitas yang tidak hanya banyak anggotanya, tapi juga memiliki semangat untuk membangun bangsa ini. Terutama para guru dan kepala sekolah yang mengedepankan tugas mulia dalam memajukan pendidikan.

"Saat fisik terasa lelah, bertemu dengan mereka seolah menjadi obat. Prinsip saya, kapan pun akan meluangkan waktu untuk mereka, dan saya berusaha datang setiap hari Senin pagi untuk menjadi pembina upacara pada pukul 06.30. Karena jumlah sekolahnya sangat banyak, tentu harus digilir satu per satu," ujarnya kepada beritajakarta.com, Minggu (7/8).

Menurutnya dengan menyambangi seluruh kepala sekolah dan guru yang ada di sekolahnya masing-masing banyak manfaat yang bisa dipetik. Antara lain adalah dapat mendengar aspirasi guru secara langsung, di samping juga dapat mengetahui situasi pendidikan di sekolah yang disambanginya tersebut. Selain itu ia juga bisa memberikan informasi kebijakan pendidikan secara langsung dan memberikan apresiasi serta motivasi pada para guru.

Namun, di tengah kesibukan pekerjaan yang cukup padat, Taufik tak lupa meluangkan waktu untuk berolahraga. Bahkan, untuk menjaga staminanya Taufik menyempatkan diri bersepeda setiap hari Selasa dan Jumat dengan rute dari kawasan Kalisari, Pasarebo, Jakarta Timur ke kantornya di kawasan Jl Gatot Subroto, Jakarta Selatan. Hebatnya, bukan cuma rute yang lumayan jauh ditempuhnya, tapi itu dilakukan dengan menembus dinginnya pagi karena dilakukan pukul 05.40 seorang diri.

Taufik mengakui kesuksesannya saat ini selain karena izin Allah SWT dan kedua orangtuanya, juga karena peran guru-guru yang telah membimbing dan menginspirasi hidupnya. Saat duduk di bangku SD di kawasan Blok S, Kebayoranbaru, Jakarta Selatan, ia mengaku sangat kagum terhadap guru bernama Parianti dan Majid. Demikian halnya saat duduk di SMPN 19 Kebayoranbaru, ia kagum terhadap guru Agama bernama Muniri, dan guru Matematikanya Franky Sitorus yang selalu mengedepankan ketegasan saat mengajar di kelas.

Sumber : BeritaJakarta.Com

0 comments:

Berlangganan Artikel Gratis dari Kabar Sekolah melalui Email

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan tulis alamat email anda pada form di bawah ini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Blogg ini:

Delivered by FeedBurner

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by kabar sekolah | Bloggerized by Masdar Helmi - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons
Create gif
SELAMAT DATANG DI HTTP://KABARSEKOLAH.BLOGSPOT.COM DAN DAPATKAN INFORMASI SEPUTAR DUNIA PENDIDIKAN TERKINI ==THANK'S TO VISIT MY BLOG BY MASDAR HELMI==