Jumat, 12 Agustus 2011

Mengharap Keutamaan Lailatul Qadar

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang dimuliakan diantara bulan-bulan lainnya. Satu diantara kemuliaan yang ada pada bulan Ramadhan adalah Lailatul Qadar.

Alloh ta'ala berfirman : “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Qur’an) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan ijin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu penuh kesejahteraan sampai terbit fajar.” (QS. Al Qadr: 1-5).

Tanda-Tanda Lailatul Qadar

Lailatul Qadar memiliki tanda-tanda, diantara tanda tanda itu ada yang terjadi pada saat malam itu sendiri, seperti:

  1. Udara pada malam itu normal dan angin tenang. Dari Ibnu Abbas beliau mengatakan: Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Lailatul qadar adalah malam yang indah, cerah, tidak panas dan tidak juga dingin. Keesokan harinya cahaya mataharinya melemah kemerah-merahan.” (HR. Ath Thayalisi, Ibnu Khuzaimah dan Al Bazzar, hasan)
  2. Adanya ketenangan yang dibawa para malaikat. Seorang hamba bisa merasakan ketenangan dan kelapangan hati, kelezatan beribadah di malam tersebut yang tidak ia jumpai di malam yang lain.
  3. Terkadang seseorang melihatnya dalam mimpinya, sebagaimana yang dialami oleh sebagian sahabat.
  4. Dan diantara tanda-tanda tersebut adalah tanda yang terjadi setelah lailatul qadar, seperti: Matahari terbit pada subuh malam lailatul qadar dalam keadaan cerah tidak menyilaukan. Dari Abu Ka’ab bahwa Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Pada waktu subuh setelah lailatul qadar matahari terbit tidak menyilaukan…” (HR. Muslim).

Lailatul qadar merupakan malam yang diberkahi, barang siapa yang tidak mendapatkannya, maka terhalang baginya seluruh kebaikan. Dan tidaklah yang terhalang dari kebaikan malam tersebut kecuali orang-orang yang dihalangi oleh Allah. Oleh karena itu sepatutnya bagi seorang muslim yang bersemangat melakukan ketaatan pada Allah untuk menghidupkan malam tersebut karena beriman dan mengharapkan pahalanya yang agung. Dan hendaklah ia bersungguh-sungguh dalam beribadah di sepuluh hari yang terakhir dalam rangka meneladani Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam. Dari A’isyah beliau mengatakan: “Merupakan kebiasaan Rasulullah adalah beliau lebih bersungguh-sungguh dalam beribadah dengan kesungguhan yang tidak beliau lakukan pada hari-hari yang lain.” (HR. Muslim)

Dan hendaklah ia memperbanyak sholat malam di malam-malam tersebut, dan hendaknya menjauhi istri dan memotivasi keluarganya untuk banyak melakukan ketaatan di dalamnya. Dari A’isyah beliau mengatakan: “Merupakan kebiasaan Nabi ketika memasuki sepuluh hari terakhir adalah mengencangkan ikat pinggangnya (menjauhi istri dalam rangka untuk beribadah), menghidupkan malam-malamnya, dan membangunkan keluarganya.” (HR.Bukhari – Muslim).

Sehingga dengan demikian seorang hamba menjadi orang yang berhak mendapatkan janji Rasullullah shalallahu ‘alaihi wa sallam yang bersabda: “Barangsiapa yang sholat pada malam lailatul qadar karena beriman dan mengharapkan pahala, maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah berlalu.” (HR. Bukhari-Muslim)

Do’a yang Dianjurkan untuk Dibaca Saat Lailatul Qadar

Dianjurkan untuk berdoa di dalamnya dan untuk memberbanyak doa terlebih lagi dengan doa yang terdapat dalam hadits A’isyah, beliau berkata: “Aku berkata: ‘Wahai Rasulullah, beritahukan kepadaku jika aku mengetahui pada suatu malam bahwa itu adalah lailatul qadar, apa yang harus aku katakan?” Maka beliau menjawab: ‘Katakanlah: Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa, fa’fu’anni (Ya Allah Engkau adalah Maha Pengampun, mencintai orang yang meminta ampun, maka ampunilah aku)” (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah, shahih)

Diterjemahkan dengan sedikit perubahan dari kitab Shahih Fiqhussunnah” halaman 147-150 oleh Rizki Amipon Dasa.

0 comments:

Berlangganan Artikel Gratis dari Kabar Sekolah melalui Email

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan tulis alamat email anda pada form di bawah ini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Blogg ini:

Delivered by FeedBurner

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by kabar sekolah | Bloggerized by Masdar Helmi - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons
Create gif
SELAMAT DATANG DI HTTP://KABARSEKOLAH.BLOGSPOT.COM DAN DAPATKAN INFORMASI SEPUTAR DUNIA PENDIDIKAN TERKINI ==THANK'S TO VISIT MY BLOG BY MASDAR HELMI==